Jual Viterna Plus NASA

Jual Viterna Plus NASA

Cara Mencegah Hama Penyakit Ikan Nila

7 CARA AMPUH MENCEGAH HAMA & PENYAKIT IKAN NILA

Ikan nila jarang terkena wabah hama dan penyakit dengan skala besar, akan tetapi jika anda membudidayakan ikan nila, Anda juga harus mencegah agar wabah hama dan penyakit bisa ditanggulangi. Terutama pada pembibitan dan pada saat pembeberan ikan. Pada fase ini penyakit yang menyerang bisa menular melalui aliran air, kontak secara langsung satu air. Pencegahan harus dilakukan sebelum terkena penyakit, guna menghindari resiko kerugian modal dan waktu yang terbuang.


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa mencegah hama dan penyakit menyerang ikan nila :

1. Pengolahan dasar kolam

Lakukan pengeringan kolam, yaitu dengan cara menjemur kolam dibawah sinar matahari, sebelum hendak berbudidaya. Hal ini bertujuan agar hama dan penyakit yang mungkin masih berada pada dasar kolam tertekan perkembangannya. Kemudian lakukanlah pengapuran kolam yang bertujuan membunuh sebagiah penyakit yang akan tumbuh.

2. Memasang filter atau saringan

Tujuan agar filter menyaring air yang akan masuk ke dalam kolam, sehingga hama dan penyakit akan terjaring sebelum air masuk ke dalam kolam.

3. Pemberantasan hama secara manual

Jika hama berada di kolam secara kasat mata bisa dilihat, Anda bisa melakukan pemberantasan secara manual yaitu dengan cara membunuhnnya secara langsung atau memanfaatkan musuh alami hama.

4. Menggunakan bibit yang unggul

Populasi ikan dalam satu kola haruslah sesuai, hindari jumlah ikan dalam kolam yang terlalu banyak. Hal ini bertujuab agar kadar oksigen yang terlarut di dalam air akan optimal.

5. Jumlah ikan per kolam

Populasi ikan dalam satu kolam haruslah sesuai, hundarijumlah ikan dalam kolam yang terlalu banyak. Hal ini bertujuan agar kadar oksigen yang terlarut di dalam air akan optimal.

6. Pemberian pakan yang sesuai dan lengap nutrisi

Pemberian pakan yang sesuai guna menghindari penumpukan pakan yang berlebih. Jikan ada pakan yang tersisa, maka pakan akan busuk dan secara tidak langsung mencemari kolam, sehingga penyakit akan muncul. Selanjutnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi stres pada ikan akibat faktor iklim maka pemberian produk PT. NASA yaiyu VITERNA dengan dicampur pada pakan setiap harinya pada waktu  pemberian pakan pagi dan sore akan mampu mencegah ikan dari serangan penyakit. Dosisnya adalah 1 tutup VITERNA dicampur 1 liter air untuk dicampur per 3-5 kg pakan ikan.

7. Penanganan Ikan yang benar

Untuk menetralisir sisa pakan dan kotoran ikan yang dapat menyebabkan kualitas air menurun maka sangat tepat menggunakan produk NASA yaitu TON dan TANGGUH PROBIOTIK dicampur merata dalam 10 liter air kemudian disiramkan ke kolam per ukuran kolam 100 meter persegi.


Semoga dengan penjelasan ini, ikan nila Anda terhindar dari hama dan penyakit menular.
Dapatkan Produk NASA untuk Ikan Nila hanya melalui Distributor Resmi Nasa, Hubungi 081329523111
Kami juga menerima Pendaftaran Distributor Baru Nasa bagi Anda yang ingin mendapatkan harga khusus.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Hama Penyakit Ikan Nila"

Posting Komentar